5 Destinasi Pantai Wisata Di Malang Selatan Yang Hits

Siapa yang tidak mengenal Kota Malang? Kota yang terletak di provinsi Jawa Timur ini memang identik dengan buah apel. Namun tidak hanya itu, Kota Malang juga disebut sebagai Kota Bunga dan memiliki udara yang sejuk. Daerah yang paling hits di kota yang berdekatan dengan Kediri ini adalah wisata nkota Batu, bahkan hitsnya Kota Batu bukan hanya terkenal di wisatawan lokal saja loh, namun juga wisatawan mancanegara.
Namun Kota Malang bukan hanya perihal Kota Batu dan Apel saja loh, ada daerah Kabupaten Malang Selatan yang juga menawarkan berbagai macam tempat wisata indah, khususnya pantai. Wisata di Malang Selatan memiliki pesona dan panoramanya sendiri dan tentu banyak tempat yang bisa dijadikan referensi untuk dikunjungi ketika berkunjung ke sini.
Berikut destinasi wisata di Malang Selatan yang Recommended

  1. Pantai Ngliyep
Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep adalah salah satu rekomendasi destinasi wisata yang perlu anda kunjungi ketika liburan ke Malang Selatan. Pantai ini terletak di desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo atau sekitar 62 kilometer ke selatan dari pusat Kota Malang. Pantai Ngliyep ini berada di tepi samudera Indonesia yang keindahan alamnya masih sangat terjaga.
Keindahan yang paling menarik perhatian pengunjung ke pantai ini adalah perpaduan antara tebing-tebing yang curam dengan hutan lindung di sekitar pantai. Kawasan ini juga didukung dengan pasir putih yang bersih dan ombak yang tidak terlalu besar sehingga pengunjung serasa bermain di sela-sela tebing.
Selain keindahan alam yang masih asri, setiap bulan Maulud, masyarakat sekitar juga rutin mengadakan acara ritual yang bernama Upacara Labuhan. Upacara Labuhan ini biasanya digelar pada tanggal 15 maulud setiap tahunnya. Ritual tersebut sudah dilakukan secara turun temurun dengan bentuk pengorbanan, yakni dengan kepala hewan ternak seperti kambing atau sapi yang akan dikorbankan atau dilarung kedalam laut sebagai sesaji.

2. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Pantai yang paling terkenal di Malang kemudian adalah Pantai Balekambang. Objek wisata pantai Balekambang ini terletak sekitar 65 kilometer arah selatan dari pusat Kota Malang, atau tepatnya terletak di kecamatan Bantur, Malang Selatan.
Hal unik yang terdapat di Pantai Balekambang adalah adanya 3 pulau dekat pantai, yakni Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan juga Pulau Wisanggeni. Pantai Balekambang sendiri terbentang panjang dan terdapat karang laut sepanjang dua kilometer dan mempunyai lebar hingga 200 meter ke arah lautnya. Diatas pulau Ismoyo juga terdapat sebuah pura yang cukup megah dan jembatan penghubung antara pantai utama tepat ke pura yang memiliki nama Luhur Amertha Jati ini.

3. Pantai Gatra

Pantai Gatra

Apakah anda tahu Raja Ampat? Siapa yang tidak tahu Raja Ampat, sebuah kawasan di Papua yang sangat terkenal dengan keindahan pantai dan pesona bawah lautnya. Nah, ternyata di Malang juga ada pantai yang disebut sebut sebagai Raja Ampatnya Jawa Timur loh, yakni Pantai Gatra.
Tidak perlu jauh jauh ke Papua untuk menikmati keeksotikan pulau-pulau dan keindahan pantai karena di Malang pun ada yang serupa. Pantai Gatra yang dikatakan sebagai miniatur Raja Ampat ini tak kalah menghadirkan sebuah keindahan yang menawan. Gugusan pulau karang yang tersusun manis seperti di Raja Ampat ini juga berhasil memecah ombak di bibir pantai sehingga air yang mencapai ke pantai rekatif tenang dan aman untuk digunakan berenang.
Hal lain yang menarik ketika berkunjung ke miniatur Raja Ampat ini adalah pengunjung harus mendaftar barang bawaan yang berpotensi untuk menimbulkan sampah. Ada petugas yang akan mengecek kembali ketika pengunjung hendak pulang. Hal tersebut sangatlah efektif dilakukan untuk menjaga kebersihan pantai dari sampah-sampah wisatawan.
Selain berenang di tepian seperti layaknya berkunjung ke pantai lainnya, pengelola Pantai Gatra juga menyediakan kano untuk disewa oleh pengunjung loh. Selain itu, anda juga bisa menjelajahi hutan mangrove yang terdapat disekitar pantai. Bahkan jika anda menyukai olahraga yang sedikit menantang, pantai Gatra juga banyak dijadikan spot surfing.

4. Pantai Goa China

Pantai Goa China

Pantai Goa China merupakan sebuah pantai yang terletak di pesisir selatan tepatnya di Dusun Tumpak Awu, Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Sebenarnnya nama asli pantai Goa China ini adalah Pantai Rowo Indah, namun karena pernah ada peristiwa mengenai kematian orang China yang tengah bertapa di dalam goa di kawasan pantai tersebut, nama asli Rowo Indah menjadi kalah popular dari Pantai Goa China hingga saat ini.
Area Pantai Goa China ini sendiri sebenarnya tidak terlalu luas, tetapi karena terdapat tiga pulau yang berada di tengah pantai, hal ini membuat pemandangannya semakin indah. Di pinggir pantai juga banyak terdapat pepohonan yang berjajar rapi dipinggir pantai dan memberikan efek rindang, seperti pohon cembirit, ketapang serta pohon kelapa.
Pantai Goa China juga menghadirkan fenomena yang terbilang langka, yaitu terjadinya gelombang yang bersinggungan dengan tidak karuan dari tiga arah, yakni dari selatan, barat dan juga timur. Arus gelombang tersebut selalu bertabrakan di antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya. Sebab gelombang yang bertabrakan sangat kuat, akhirnya memunculkan suara yang amat bergemuruh. Inilah yang menjadi daya tarik dari salah satu fenomena alam yang cukup langka di pantai Goa China Malang Selatan. Karena besar ombak yang bertabrakan di sekitar pantai Goa China ini menyebabkan tidak ada perahu nelayan yang berani bersandar di sekitar pantai.

5. Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono

Lenggoksono merupakan sebuah pantai yang terdapat di tepi samudera Indonesia tepatnya berada di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Malang. Pantai tersebut memiliki hamparan pasir putih yang membentang satu kilometer melingkar dan dikelilingi oleh dua tebing yang menghijau karena ditumbuhi tumbuhan rindang. Ikan di pantai Lenggoksono juga banyak, maka dari itu pantai ini juga menjadi surga bagi wisatawan yang gemar memancing.
Tak jauh dari kawasan pantai Lenggoksono, disini juga terdapat sebuah air terjun yang terletak di Teluk Kletekan dan berada di bibir pantai. Air terjun ini sendiri memiliki julukan Banyu Anjlok dari nelayan dan masyarakat sekitar. Akses menuju kesana, wisatawan bisa menyewa perahu jangkung nelayan untuk mengantarkan hingga lokasi. Namun kita harus tetap berhati hati untuk menuju lokasi Banyu Anjlok tersebut, sebab ombak disekitar pantai tersebut cukup besar.
Air terjun Banyu Anjlok ini sendiri berasal dari sumber air yang berasal dari bukit, kemudian turun dan mengaliri tebing batu karang yang memiliki tinggi sekitar tujuh meter. Air yang turun juga tidak hanya dalam satu titik, namun menyebar disepanjang batu karang sehingga terlihat sangat indah. Air yang bersih dan jernih membuat air terjun tersebut semakin mempesona.


Pengunjung yang datang juga tidak hanya bisa melihat keindahannya saja, namun juga bisa untuk berenang dan mandi. Sensasi dingin dan bersebelahan dengan pantai langsung membuat bermain ke tempat ini semakin istimewa.

Related Posts

Add Comment