5 Tempat Wisata Semarang Yang Terkenal Sayang Untuk Dilewatkan

Sebagai Kota Terbesar di Jawa Tengah, Semarang merupakan kota yang sering kali dikunjungi oleh banyak wisatawan, terutama wisatawan local. Karena merupakan Ibu Kta Provinsi, Semarang acapkali dikunjungi baik untuk keperluan bisnis, pemerintahan ataupun destinasi wisata. Maka tak heran jika Kota Lumpia ini menjadi salah satu tujuan para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburannya.

Disini kami akan mengulas mengenai wisata di Semarang yang terkenal dan cocok dijadikan destinasi liburan anda baik bersama keluarga maupun teman-teman. Sebab Semarang menyimpan berbagai macam wisata kuliner, wisata budaya, wisata alam dan lain sebagainya. Ditambah dengan predikat sebagai kota besar yang memiliki fasilitas lengkao seperti akomodasi, restaurant, sarana transportasi yang memadai hingga hotel sebagai tempat menginap.

Berikut adalah ulasan mengenai wisata semarang yang terkenal:

  • Lawang Sewu

Sebelum anda berwisata ke Senarang, tidak ada salahnya anda membaca terlebih dahulu mengenai referensi dan rekomendasi objek wisata yang ditawarkan Semarang. Beberapa tempat rekreasi di Semarang wajib di kunjungi dan menjadi unggulan adalah salah satunya Lawang Sewu.

Siapa sih yang tidak tahu Lawang Sewu? Bangunan yang dibangun sekitar tahun 1904 ini merupakan sebuah gedung peninggalan colonial Belanda yang dulunya berfungsi sebagai kantor pusat NIS (Indische Spoorweg Maatscappij) atau Perusahaan yang bergerak dibidang pembangunan jalur kereta api antara Semarang ke Solo dan juga Jogjakarta.

Ciri khas dari Lawang Sewu adalah memiliki banyak pintu dan juga jendela. Oleh karena jumlahnya yang banyak, masyarakat sekitar akhirnya menyebut bangunan ini sebagai Lawang Sewu yang artiya adalah seribu pintu. Meskipun sebenarnya jumlah pintu yang ada di gedung tiga lantai ini tidak benar benar memiliki 1000 pintu, atau hanya sekitar 429 buah saja.

Terkenalnya Lawang Sewu selain karena merupakan bangunan unik peninggalan kolonial Belanda juga karena beragam kisah mistis yang beredar tentang Lawang Sewu. Konon menurut masyarakat sekitar, ada beberapa lokasi disini yang angker dan dihuni oleh para makhluk halus. Hal ini semakin di dukung dengan adanya film yang mengangkat lokasi Lawang Sewu sebagai tempat syuting film horror. Beberapa area yang dipercayai angker adalah pintu utama, area sumur tua, penjara bawah tanah, penjara berdiri, penjara jongkok dan juga ruang penyiksaan tawanan. Berbagai penampakan makhluk halus juga dikabarkan sering disaksikan oleh pengunjung, mulai dari kuntilanak, genderuwo hingga tentara Belanda. Tertarik untuk mengunjungi? Yuk siapkan nyali untuk berwisata ke Lawang Sewu.

  • Kota Tua Semarang

Berwisata ke Semarang maka akan kurang lengkap jika tidak berkunjung ke kawasan Kota Lama. Wisata kota tua memang sudah menjadi icon wisata di Ibu Kota Jawa Tengah terutama bagi wisatawan yang gemar berburu foto  di tempat yang berbeda. Dengan menyuguhkan deretan gedung gedung tua peninggalan Belanda dan bergaya Eropa Klasik, hal tersebut sangatlah cocok dan instagramable untuk dijadikan spot foto yang keren.

Tempat yang seringkali dikunjungi oleh wisatawan di Kota Tua ini adalah Gereja Blenduk. Ini merupakan sebuah gereja yang memiliki atap berbentuk kubah seperti masjid. Suasana disini juga sangat asyik dengan terdapatnya Taman Srigunting yang terletak persis di depan gereja blenduk.

Sama seperti di Kota Tua Jakarta, Kota Tua Semarang juga banyak dijumpai penyewaan sepeda tua untuk  dijadikan sebagai property foto dengan background Gereja Blenduk. Ada juga tempat kuliner dekat Kota Tua, yakni Kafe Spiegel yang memiliki gaya interior dan eksterior klasik. Bukan hanya Kafe Spiegel, namun ada juga Kafe Tekodeko, Retro Kafe dan juga Kafe Nuris yang juga menawarkan suasana yang sama.

  • Masjid Agung Jawa Tengah

Tempat berikutnya yang wajib dikunjungi ketika bepergian ke Semarang adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Ini merupakan salah satu tempat wisata religi yang paling bagus dan terkenal di Semarang. Berlokasi di Jalan Gajah Raya, Gayamsari, selain digunakan sebagai tempat ibadah, Masjid Agung Jawa Tengah juga dijadikan sebagai tempat wisata religion oleh umat muslim.

Keelokan Masjid Agung Jawa Tengah adalah bangunan yang sangat megah dan dilengkapi dengan paying raksasa seperti yang ada di Masjid Nabawi, Madinah. Paying tersebut dapat membuka dan menutup secara otomatis tergantung pada kebutuhan.

Spot lain yang menjadi favorite selain payung raksasa adalah adanya menara asmaul husna. Menara yang dibangun dengan tinggi 99 meter tersebut adalah pengunjung boleh naik ke atas menara dan melihat keindahan kota semarang dari ketinggian.

  • Benteng Pendem Ambarawa

Jika anda berlibur ke Semarang dan tengah berada di Kecamatan AMbarawa, jangan lupa sempatkan berkunjung ke Benteng Pendem Ambarawa. Benteng Pendem Ambarawa atau biasa disebut Benteng Willem I merupakan bangunan peninggalan penjajah Belanda yang dibangun pada tahun 1834. Berusia lebih dari satu abad, namun benteng tersebut masih berdiri kokoh dan kerap menjadi tempat wisata favorite wisatawan yang berkunjung ke Kota Lumpia ini.

Benteng Ambarawa juga sangat bagus untuk dijadikan spot foto-foto, karena memiliki bangunan klasik khas Belanda yang membuat hasil foto semakin aestetic. Namun ada hal yang perlu untuk diperhatikan ketika berkunjung ke objek wisata ini, yakni lokasi Benteng yang berada di komplek Lapas Kelas II ini mengharuskan wisatawan untuk meminta izin terlebih dahulu ketika memasuki area tersebut. Tepat berada di belakang RSUD Ambarawa, tiket masuk objek wisata ini tidak dipungut biaya atau gratis. Perizinan juga tidak terlalu sulit, oleh sebab itu masih banyak wisatawan yang dapat masuk ke area tersebut. Lokasi ini juga sempat dijadikan sebagai tempat syuting film Soekarno yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Disebut sebagai Benteng Pendem karena dulunya bangunan tersebut berada dibawah permukanan tanah atau terkbubur. Bangunan memang terlihat tidak terawat, terlihat dengan ditumbuhi lumut serta tumbuhan liar lainnya yang menghiasi pilar-pilar benteng pendem tersebut. Namun hal tersebut tidak mengurangi tempat ini untuk dijadikan buruan para traveler dan forografer.

  • Setiya Aji Flower Farm

Bagi anda yang mencari tempat wisata yang romantis di Kota Semarang, Setiya Aji Flower Farm bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi. Berlokasi di Jalan Kendalisodo, Dusun Ngasem, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan, Semarang, tempat ini menawarkan berbagai bunga krisan berwarna warni yang indah. Hal tersebut sangatlah cocok untuk dijadikan spot foto bersama pasangan atau teman.

Waktu yang tepat untuk datang ke tempat wisata Setiya AJi Flower Farm adalah dipagi hari saat cuaca masih cerah. Sebab di pagi hari, cahaya matahari yang ada akan membuat hasil foto anda semakin keren dan cerah.

Harga tiket masuk ke objek wisata Setiya Aji Flower Farm juga sangat murah meriah, dengan mengeluarkan 7.500 per orang, anda sudah dapat masuk ke objek wisata tersebut.  Jam operasional disini adalah dari jam 7 pagi hingga 6 sore.

Related Posts

Add Comment