Beberapa Oleh-Oleh Khas Bandung Favorit Para Traveler

Siapa sih disini yang tidak mengenal Kota Bandung? Ya, Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini memang sering kali menjadi destinasi para wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Selain terkenal karena memiliki suasana yang sejuk, Kota Kembang ini juga menyimpan berbagai macam destinasi wisata alam, kuliner serta surganya belanja. Maka tak heran jika Bandung masih menjadi favorite untuk dikunjungi ketika hari libur telah tiba.

Sudah menjadi sebuah tradisi, jika kita berlibur keluar kota pasti pulang akan membawa buah tangan. Nah, Bandung juga memiliki banyak oleh-oleh khas yang menjadi favorite para traveler loh. Mau tau apa saja oleh-oleh khas Paris Van Java yang cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan? Yuk simak bersama! Yang pasti harganya juga sangat terjangkau loh. Berikut beberapa ulasannya:

  • Peyeum Bandung

Tak lengkap rasanya jika pulang dari Bandung tidak membawa peyeum. Peyeum adalah oleh-oleh khas Bandung yang paling umum untuk di temukan dan dijadikan buah tangan. Tak sulit untuk menemukan peyeum di sepanjang Kota Bandung ini, sebab sepanjang jalan Bandung biasanya terdapat banyak toko oleh-oleh yang di dalamnya menjual makanan ini, contohnya di sepanjang jalan Cihampelas. Disini traveler bisa dengan sangat mudah menjumpai peyeum yang banyak digantung di depan kios.

Peyeum sendiri merupakan sebuah makanan khas Bandung yang merupakan olahan singkong. Cara pembuatannya juga terbilang cukup mudah, yakni dengan singkong yang dibersihkan kemudian direbus hingga lunak dan lalu ditaburi ragi serta disimpan di tempat yang tertutup. Rasanya biasanya sedikit asam namun tetap nikmat untuk dikonsumsi. Setelah itu, peyeum bisa dikonsumsi sekitar dua hingga tiga hari kemudian.

Peyeum menjadi oleh-oleh khas Bandung yang banyak digemari traveler ataupun warga local karena selain cara pembuatannya yang mudah dan harga terjangkau, makanan ini juga mampu menimbulkan efek hangat bagi tubuh. Hal tersebut sangat cocok dilakukan karena dengan suhu udara Bandung yang sejuk dan cenderung dingin, maka menikmati peyeum sangat mendukung untuk menghangatkan tubuh anda.

  • Pisang Bolen Kartika Sari

Siapa disini yang tidak tahu toko oleh-oleh khas Bandung Kartika Sari? Yah, toko Kartika Sari ini sudah menjadi tempat favorite untuk membeli buah tangan jika habis berkunjung ke Kota Kembang. Sebenarnya ada berbagai macam cemilan dan juga makanan yang dijual disini, namun ada salah satu produk yang menjadi favorite para traveler, yakni Pisang Bolen Kartika Sari.

Toko oleh-oleh Kartika Sari ini sudah banyak tersebar di seluruh wilayah Bandung dan pusatnya ada di jalan H. Akbar nomor 4, Kebon Kawung. Pisang bollen khas Kartika Sari ini sendiri menjadi pelopor oleh-oleh khas Bandung yang tidak boleh ketinggalan untuk dibawa pulang saat berkunjung ke Bandung. Sebenarnya Pisang Bollen ini sudah terkenal sejak tahun 70an dan hingga saat ini juga masih popular karena menggunakan resep asli yang turun temurun. Banyak varian rasa juga yang disuguhkan, seperti cokelat, durian, keju. Selain pisang bolen yang menjadi andalan utama, toko Kartika Sari juga menjual berbagai olahan cokelat, kue-kue lezat lainnya dan juga aneka pastry.

  • Tahu Susu

Masih bingung ingin membeli oleh-oleh apa untuk keluarga dirumah ketika bepergian dari Bandung? Nah, mungkin oleh-oleh yang satu ini bisa menjadi alternative untuk dibawa pulang nih. Yah, tahu susu.

Buat anda yang berkunjung ke Bandung dan mampir ke kawasan Lembang, wajib banget nih membeli oleh-oleh Tahu Susu Lembang ini. Di sekian banyak pabrik tahu susu lembang yang sudah berkembang di Bandung, ada salah satu pusatnya di Jalan Raya Lembang, No. 177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tempat ini bernama POM Tahu Susu Lembang. Eitss tapi jangan salah ya, POM ini bukan tempat pengisian bahan minyak, melainkan kepanjangan dari Pusat Orang Makan.

Nah POM Tahu Susu Lembang ini digagas oleh pengusaha asal Bandung bernama Perry Tristianto. Jadi ia memiliki ide untuk membangun tempat tersebut dengan tujuan agar membuat tahu di bandung lebih enak dan lebih sehat dari jenis tahu yang lain. Maka dari itu, kemudian ia bereksperimen untuk mencari resep bagaimana cara membuat tahu yang enak, yakni dengan cara memasukan susu bersama kacang kedelai dan juga mentega.

Untuk menikmati Tahu Susu Lembang anda juga tidak perlu terlalu banyak merogoh kocek loh. Sebab harganya sangat terjangkau, yakni hanya dengan mengeluarkan 25 ribu rupiah saja anda sudah dapat membawa pulang satu bungkus Tahu Susu Lembang ukuran regular. Menarik kan? Ayo jangan sampai ketinggalan untuk membelinya ketika berkunjung ke Bandung.

  • Brownies Kukus Amanda

Anda termasuk pecinta brownies? Kurang lengkap nih jika pecinta brownies tapi belum mencoba brownies kukus Amanda.  Jika biasanya pembuatan bownies adalah dengan dipanggang, maka hal yang menarik dari Brownies Amanda adalah cara pembuatannya yang dikukus. Inilah yang menjadi daya tarik dan keunikan sendiri.

Brownies Amanda sendiri mulai ikut meramaikan daftar oleh-oleh di Bandung ini sejak tahun 2000. Rasa cokelatnya yang enak, tekstur yang lembut dan rasa yang khas membuat produk ini melejit dan digemari banyak orang loh. Brownies Amanda sendiri memulai usahanya dari sebuah kios kecil yang terletak di jalan Rancabolang, Margahayu Raya, dan hingga saat ini telah membuka cabang bukan hanya di kawasan Bandung saja, namun sudah merambah hingga keluar kota dan keluar provinsi. Seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, hingga Kalimantan dan Sulawesi.

Diawal kemunculannya, Brownies Amanda hanya memiliki rasa original saja, namun seiring berjalannya waktu, kini sudah banyak varian rasa yang ada. Contohnya seperti rasa blueberry, choco marbel, sarikaya pandan, banana bizz, tiramisu hingga cheese cream. Dan rasa yang menjadi favorite selain cokelat original adalah cheese cream.

  • Kafetaria Pia 170

Bukan hanya Yogyakarta yang memiliki bakpia, Ibu Kota Jawa Barat Bandung juga memiliki kue pia yang tidak kalah enak, yakni Kafetaria Pia 170. Toko kue pia yang terkenal di Bandung ini terletak di jalan Pasirkaliki Nomor 170. Ini merupakan Kafetaria yang menjadi destinasi wisata kuliner enak dan menyajikan berbagai menu favorite Nusantara hingga Asia.

Kafetaria Pia 170 ini juga merupakan one stop shop yang siap untuk memenuhi kebutuhan kuliner para pengunjung. Dari namanya, Kafetaria ini menyuguhkan ornamen design tempat makan kantoran ala 80an dengan suasana suram yang menjadi tempat makan yang ramai.

Dengan merogoh kocek sekitar 30 ribu rupiah saja, anda sudah dapat mengantongi sekotak kue pia yang enak dan dibungkus dengan design retro. Rasa yang menjadi unggulan produk disini adalah butterscotch. Disini juga bukan hanya menjual kue pia saja, namun anda dapat memilih makanan oleh-oleh khas bandung lainnya, baik makanan tradisional ataupun modern. Dan uniknya lagi adalah makanan yang dijual disini dikemas menggunakan bungkus design modern dengan harga yang cukup terjangkau.

Related Posts

Add Comment