Tempat Wisata di Solo

Jika anda berkunjung ke Jawa Tengah jangan lupa mampir ke Kota Solo, disini anda akan menemukan banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi mulai dari wisata sejarah, wisata kuliner, wisata religi, wisata modern yang pastinya tak kalah menghibur, berikut ulasan mengenai tempat wisata yang bisa anda kunjungi jika anda berkunjung ke Kota Solo :

  1. Keraton Kasunanan Surakarta

Merupakan tempat yang tak boleh anda lewatkan jika anda berkunjung ke Solo, didirikan pada tahun 1744 silam oleh Susuhan Pakubuwono II yang berlokasi di Desa Sala, dan berfungsi sebagai tempat tinggal dari Raja dan beberapa anggota keluarga lainnya, hingga saat ini, Keraton Kasunanan terus menjalankan tradisi dari kerajaannya. Sesampainya disini anda akan disambut oleh bangunan bersejarah yag istimewa, didalamnya terdapat museum dengan benda-benda peninggalan dari kerajaan sendiri, replika pusaka  keraton, hadiah-hadiah dari raja eropa juga anda akan menemukan kereta kencana dan alat musik gamelan. Tahukah anda jika berkunjung ke Kerato Solo dan kebetulan anda sedang menggunakan celana pendek maka anda akan dipinjamkan kain bawahan oleh pihak keraton. Objek wisata Keraton Solo pun dibuka pada pukul 09.00-14.00 WIB di hari senin-kamis.

  1. Kampung Batik Kauman

Berlokasi di Jalan Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah, menjadi andalan dari Kota Solo untuk para wisatawan yang ingin melihat bagaimana cara membatik serta sentra penjualan batik lengkap di Kota Solo, sesampainya disini anda akan menemukan banyak rumah-rumah yang memproduksi batik dan tentunya dengan cara tradisional, di beberapa tempat disini anda diperkenankan untuk mencoba bagaimana caranya membatik dengan canting, tak lupa jika anda ingin membeli buah tangan anda bisa membelinya disini, karena rata-rata setiap rumah menjualnya, namun Kampung Batik Kauman sendiri memang memproduksi batik dengan warna yang cenderung gelap. Tak hanya itu hasil karya tangan dari warga kauman pun di jual hingga ke luar negeri, lho.

  1. Museum Manusia Purba Sangiran

Selain wisata sejarah anda juga bisa melakukan wisata edukasi dan juga arkeologi, yang berlokasi di Jalan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, dan lebih tepatnya berada di kaki Gunung Lawu, anda akan menempuh jalan kurang lebih 17 KM dari Koa solo, museum ang masuk dalam situs warisan dunia atau yang lebih dikenal dengan UNESCO, memaparkan banyak informasi mengenai kehidupan zaman pra sejarah, mulai dari fosil binatang purba, fosil manusia purba, maka tak jarang banyak peneliti yang datang untuk melakukan penelitiannya di museum ini, fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap mulai dari kios souvenir, ruang pameran, ruang audio visual dan masih banyak lagi.

  1. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran atau yang biasa dikenal Istana Mangku negaran merupakan istana resmi yang dibangun setelah perjanjian salatiga yang mengawali pendirian Praja Mangkunegaran yang dintandatangani oleh kelompok Raden Mas Said, Pangeran Mangkubumi dan yang lainnya. Disini anda akan menemukan bentuk istana yang mewah dengan arsitektur yang beragam, mulai dari pendopo terbesar di Indonesia, Dalem Ageng yang merupakan bangunan inti dari Istana Mangkunegaran, Beranda Dalem atau ruang untuk keluarga Mangkunegaran, dan taman istana yang indah.

  1. Srabi Notosuman

Merupakan kuliner yang melegenda di Kota Solo yakni Srabi Notosuman yang telah beroprasi dari tahun 1023 silam banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang mampir untuk membeli srabi ini, jika anda tertarik anda bisa berkunjung ke srabi notosuman yang ada di jalan Mohammad Yamin no 28, Solo.

Related Posts

Add Comment